RESEP MINUMAN TRADISIONAL WEDANG KAMPLUNG UNTUK DIET

RESEP MINUMAN TRADISIONAL WEDANG KAMPLUNG UNTUK DIET

RESEP MINUMAN TRADISIONAL WEDANG KAMPLUNG UNTUK DIET

Minuman apa yang biasanya Anda nikmati di tengah cuaca dingin? Apakah secangkir kopi? Jika Anda kerepotan karena kesulitan tidur akibat mengkonsumsi kopi, bisa mengkonsumsi minuman tradisional. “Wedang” sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”. Walaupun tanpa kandungan kafeina, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh atau kopi. Resep Minuman tradisional wedhang kamplung untuk diet.

Indonesia bukan hanya kaya akan adat istiadat, tetapi juga kaya akan kulinernya. Disetiap pulau dan daerah, ditemukan banyak jenis ragam kuliner makanan dan minuman yang beraneka ragam. Makanan dan Minuman tradisional khas daerah tertentu banyak yang terbukti menyegarkan dan juga menyehatkan, karena dibuat dari banyak rempah-rempah yang tiap jenisnya mempunyai tersendiri bagi tubuh kita.

Kali ini kita akan membahas tentang minuman tradisional khas Jawa yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Banyak minuman khas Jawa yang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Nusantara dan bahkan minuman-minuman tersebut sudah dipabrikasi dan juga sudah dipasarkan ke mancanegara. Seperti minuman herbal wedang uwuh yang terkenal dari Jawa Tengah, Bajigur, Bandrek, Wedang Ronde, Sekoteng dan lain sebagainya.

Tapi ada beberapa minuman tradisional yang belum dkenal oleh masysrakat luas. Mungkin dikarenakan terlalu rumit pembuatannya atau bahkan minuman tersebut hanya terdapat di daerah tertentu saja dan tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Seperti Wedang Kamplung misalnya, minuman hangat yang menyegarkan dan membuat tubuh terasa segar.

Minuman Wedang Kamplung ini berasal dari Jawa Timur, tetapi penulis tidak mengetahui secara pasti berasal dari daerah mana. Karena minuman ini hanya disajikan secara terbatas dan tidak banyak diperjual belikan di pasar ataupun di kedai minuman. Resep Minuman tradisional wedhang kamplung untuk diet.

Cara pembuatan wedang kamplung ini juga relatif mudah dan bahan – bahan yang dibutuhkan juga  banyak tersedia di sekitar kita.

Bahan yang dibutuhkan adalah teh, jahe, gula merah atau gula aren, atau bisa juga diganti dengan madu, dan jeruk nipis.

CARA PEMBUATAN WEDANG KAMPLUNG

Cara pembuatan wedang kampling sangat mudah, adapun cara menyajikan atau mebuat wedang kamplung adalah seperti berikut :

  1. siapkan gelas, baiknya menggunakan gelas belimbing karena takarannya pas. atau gelas dari gerabah, untuk citarasa tradisional khas Nusantara.
  2. Ambil dua jumput kecil Teh (Kami menggunakan the tubruk melati), atau gunakan teh hijau untuk program diet Anda.
  3. Satu ruas jahe yang sudah dimemarkan (Akan lebih kuat aromanya sebelum dimemarkan dibakar terlebih dahulu.
  4. Gula merah secukupnya (lebih enak jika menggunakan gula aren), atau bisa diganti madu untuk program diet.
  5. Irisan jeruk nipis yang diiris tipis-tipis, bisa juga sebagian diperas.

Campur semua bahan dalam gelas, siram dan seduh dengan air panas mendidih. Usahakan jangan terlalu penuh, ukuran ¾ gelas sudah cukup. Jangan diaduk, tapi goyang-goyangkan gelas sampai wangi semriwing keluar. Tunggu sampai hangat, maka wedang kamplung sudah siap dikonsumsi.

Rasa wedang kamplung sendiri unik, rasa pedas jahe dan kecut jeruk nipis menjadi unik bercampur di lidah. Patut dicoba dan rasakan kesegaran wedang kamplung. Dan juga bisa menambah khasanah perbendaharaan minuman tradisional khas Nusantara.

Manfaat teh kamplung sendiri membuat tubuh menjadi hangat dan segar, menambah daya tahan tubuh, sangat cocok apabila dikonsumsi di cuaca dingin dan malam hari. Cocok buat dikonsumsi oleh pria dan wanita, tua maupun muda.

Adapun manfaat wedang kamplung sendiri bagi wanita sangat bagus, yaitu bisa sebagai teman diet. Karena selain untuk menurunkan berat badan, juga berfungsi sebagai pembakar kalori dan lemak dalam tubuh. Adapun caranya adalah mengkonsumsi wedang kamplung setiap pagi sebelum sarapan sangat baik untuk mengurangi keinginan tubuh dalam mengkonsumsi kalori. Kombinasi bahan dalam wedang kamplung ini sangat baik diminum secara rutin untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat.

Selamat Mencoba…

https://cookpad.com/

—bam—


2 Comments

Angeline

08/11/2019 at 12:19 pm

Nice recipe, worth to try

    Adi

    08/11/2019 at 5:24 am

    Yiu should try it, its original recipe to loss your weight.
    Thanks for visiting. Really appreciate it. Have nice day.

Leave a Reply

EnglishIndonesianJapaneseKorean
%d bloggers like this: