RESEP KOPI LEMAK KHAS JAWA

RESEP KOPI LEMAK KHAS JAWA

RESEP KOPI LEMAK KHAS JAWA

Kopi lemak atau lebih dikenal dengan kopi santan pada umumnya, merupakan resep tradisional dari para leluhur kita, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya. Kopi  santan sendiri dibuat dari racikan khas kopi Robusta, santan murni, yang diperas dari parutan daging kelapa, dan gula aren yang mempunyai rasa khas dan yang jelas tidak menyebabkan penyakit gula karena kandungannya alami tanpa bahan kimiawi.

Beberapa daerah mempunyai cara yang berbeda dalam pengolahan kopi santan ini, seperti misalnya di Jawa Tengah, proses pembuatan kopi santan adalah  mencampurkan kopi dan santan dalam penyeduhannya.

Berbeda pula dengan proses pembuatan kopi santan di Jawa Timur, terutama dipulau Madura dan di daerah Tapal Kuda. Potongan kelapa dan biji kopi disangrai bersama dalam wajan tanah liat, sehingga bubuk kopi yang dihasilkan mempunyai wangi yang gurih dan karakter rasa kopi masih cenderung kuat daripada rasa santannya.

RESEP KOPI LEMAK DARI JAWA TENGAH

Kopi lemak dari Jawa Tengah ini dipopulerkan di kota Blora dan Cepu, kopi santan disana terkenal dengan nama KOPI KOTHOK, karena bubuk kopi dan santan di rebus bersama.

Proses pembuatan kopi santan Khas Jawa Tengah ini adalah, rebus perasan santan (Santan yang direbus adalah santan segar, diperas setelah kelapa diparut, perasan pertama tanpa menggunakan air) dan bubuk kopi dalam kemasan yang sama. Bisa juga dicampur gula Aren untuk yang suka manis, tapi hindari penggunaan gula pasir, karena rasa otentiknya akan berubah. Rebus sampai mendidih, busa didihan kopi jangan dibuang, karena akan mengubah citarasa khasnya.

Setelah mendidih, diamkan beberapa saat, lalu nikmati dalam keadaan hangat.mempunyai citarasa gurih, seperti menikmati kopi dan kolak diwaktu bersamaan. Tekstur warna kopi Santan khas Jawa tengah ini hampir mirip dengan kopi susu, coklat dan tingkat kekentalan yang relative kental, serta mempunyai aroma santan yang kuat. Lebih baik jika direbus dalam panic tanah liat dan menggunakan kayu bakar, akan menambah citarasa khas Jawa Kuno dan citarasa khas warisan leluhur.

RESEP KOPI LEMAK DARI JAWA TIMUR

Berbeda dengan proses penyajian dari Jawa Tengah, kopi lemak dari Jawa Timur ini diproses waktu pembuatan atau waktu disangrai. Pada waktu akan disangrai (Roasting),  kelapa dipotong kecil-kecil, Kelapa diambil dari kelapa yang sudah benar-benar tua dan mempunyai  kadar santan yang tinggi.

Setelah dipotong kecil-kecil, maka akan disangrai bersamaan didalam wajan dengan biji kopi robusta. Untuk sensasi kopi yang unik, gunakn kopi Liberika (Kopi Nangka) sebagai campuran dari kopi Robusta.

Disangrai sampai matang, ada beberapa daerah yang menyangrai sampai gelap (dark), tapi ada beberapa daerah yang menyangrai tidak begitu gelap (Medium to dark)

Dalam sisi kepraktisannya, resep kopi lemak dari Jawa Timur ini cenderung lebih praktis, karena dalam penyajiannya, biji kopi dan potongan kelapa yang sudah disangrai digiling menjadi bubuk halus dan disajikan seperti kopi bubuk pada umumnya.

Tetapi, kelemahan kopi bubuk ini tidak bisa disimpan terlalu lama, maksimal dalam 2-3 minggu, aroma dan bau bubuk kopi akan berubah menjadi sangit dan rasanyanya pun akan berubah. Jadi lebih baik jika dalam 1 minggu, kopi bubuk santan bisa habis dikonsumsi.

Tekstur kopinya pun seperti kopi hitam kebanyakan, tetap hitam, tapi mempunyai aroma kelapa yang kuat, dan rasanyapun lebih kuat rasa kopinya daripada kelapanya.

Dari dua resep tradisional tersebut, kami menyarankan untuk menggunakan resep dari Jawa Tengah, karena disamping mempunyai cita rasa yang kaya, juga mempunyai kecenderungan untuk menjadi minuman khusus diet.

Untuk resep kopi lemak ala kopibam.com, akan kami berikan berikut ini:

  1. Kopi  Robusta bubuk (kopi asli)
  2. Santan instan bubuk
  3. Susu fullcream bubuk (kualitas bagus)
  4. Creamer bubuk (kualitas bagus)
  5. Gula pasir (lebih baik gula bubuk)
  6. Garam sedikit

Campur semua bahan sebelum diseduh, untuk komparasi dibuat sesuai selera, bisa disesuaikan komposisinya dengan mecari komposisi yang pas.

Yuk, budayakan ngopi khas Nusantara


Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: