RESEP KOPI LATTE DENGAN METODE COLD BREW

RESEP KOPI LATTE DENGAN METODE COLD BREW

RESEP KOPI LATTE DENGAN METODE COLD BREW

Tags :

Category : Artikel , Kopi , resep

Kopi cold brew atau kopi seduh dingin merupakan tren kopi yang lagi populer di coffee shop di seluruh dunia. Cara membuat kopi cold brew sebenarnya tidak sulit, tetapi proses pembuatannya memakan waktu lama, kurang lebih 8-24 jam. Fakta menunjukkan bahwa minuman ini sangat berkafein, resepnya sangat beragam, dan Anda juga bisa mengubah resepnya dengan bebas sampai menemukan rasa yang paling pas untuk kopi cold brew buatan Anda. Resep cold brew latte.

Cara membuat kopi cold brew tidak sama dengan teknik-teknik manual brew lainnya. Teknik pembuatan Cold Brew tidak menggunakan air panas sama sekali, tetapi menggunakan air dingin, dan disimpan (diekstraksi) didalam lemari pendingin dengan waktu kurang lebih 8-24 jam.

Teknik Cold Brew  ini bukanlah menyiramkan air begitu saja pada bubuk kopi seperti cara seduh pada umumnya. Tetapi kopi diekstrak dengan melakukan perendaman selama 8-24 jam. Untuk menjaga suhunya dan supaya tidak terkena panas saat proses ekstraksi, rendaman biasanya disimpan di lemari es.

Alat-alat yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat. Cukup sediakan wadah yang bisa menampung rendaman kopinya. Saran saya menggunakan wadah dari kaca atau beling untuk menjaga rasa dan menjaga suhu dingin. Kalau menggunakan wadah plastik, dikhawatirkan aroma dari plastic akan ikut tercampur kedalam kopi yang sudah di ekstraksi.

Tidak ada ketentuan khusus mengenai biji kopi yang digunakan untuk cold brew. Sebagai rekomendasi, gunakan jenis arabika karena aroma dan rasanya yang tidak terlalu pahit jika direndam terlalu lama. Tetapi jika Anda akan membuat kopi susu (Latte)  sebaiknya gunakan kopi bubuk Robusta. Saran kami, jangan gunakan bubuk kopi yang terlalu halus karena proses ekstrak yang lama akan menciptakan aftertaste pahit yang berlebihan. Tapi gunakan kopi bubuk yang digiling (grind) dengan level fine.

Yang harus diperhatikan adalah, 1 untuk takaran kopi dan 8 untuk takaran air adalah rumus baku yang harus Anda patuhi untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat. Sebagai contoh, masukkanlah 2 liter air ke dalam 250 gram kopi. Rumus ini banyak digunakan oleh para barista professional untuk membuat Cold Brew yang berkualitas.

Walau banyak yang menyebutkan bahwa cold brew coffee bisa bertahan hingga sebulan di dalam kulkas, namun waktu penyimpanan yang paling kami disarankan hanyalah 1 minggu. Melewati waktu ini, kualitas/rasa kopi akan mulai berkurang.

BEBERAPA FAKTA TENTANG KOPI COLD BREW

Kopi cold brew terasa lebih kuat daripada kopi biasa. Biasanya kopi cold brew lebih berkafein daripada kopi yang diseduh dengan air panas. Selain itu, Anda tidak perlu mengencerkan kopi dengan es lagi karena suhu cold brew coffee biasanya sudah dingin.

Cold brew coffee memiliki tekstur yang lebih lembut. Saat Anda membuat kopi panas, air mendidih akan membakar biji kopi yang menghasilkan rasa lebih asam dan pahit. Sedangkan cold brew coffee dibuat dengan cara dibiarkan mengendap di lemari es atau di ruangan dengan suhu kamar. Hasilnya, rasa kopi lebih kaya, sensasinya lebih lembut dan tidak pahit.

Resep kopi cold brew bisa dimodifikasi. Jika Anda ingin membuat cold brew coffee yang rasanya kuat, Anda bisa dengan mudah menambahkan lebih banyak bubuk kopi ke dalam resep cold brew coffee Anda. Sebaliknya, jika Anda menginginkan rasa kopi yang tidak terlalu kuat, kurangi bubuk kopi yang Anda gunakan.

Anda bisa membuat kopi cold brew dalam jumlah besar sekali waktu. Berhubung proses pembuatan cold brew coffee ini memerlukan waktu yang cukup lama, Anda bisa membuatnya dalam jumlah besar lalu dibagi-bagi seperlunya. Satu batch cold brew coffee dapat disimpan di lemari es selama satu minggu. Resep cold brew latte.

RESEP KOPI LATTE METODE COLD BREW

Yang harus dipersiapkan dalam pembuatan kopi latte cold brew adalah :

  1. Wadah atau container dari kaca (Toples)
  2. Kopi robusta yang tidak terlalu halus
  3. Air dingin (air yang diambil dari lemari es lebih baik)
  4. Susu kental manis yang berkualitas bagus

Adapun cara pembuatannya adalah dengan cara berikut :

  1. Tuangkan bubuk kopi ke dalam wadah, kemudian disusul dengan air. (Dengan perbandingan 1:8 )
  2. Setelah diseduh dengan air, aduk rata selama 1-2 menit agar kopi tidak menggumpal
  3. Tutup rapat dan simpan di lemari es selama minimal 8 jam dan maksimal 24 jam (Waktu paling bagus adalah 13 jam)
  4. Setelah jadi, saring hasil ekstraksi ke wadah lain.
  5. Tuang susu kental di wadah lain (gelas) dengan takaran sesuai selera
  6. Tuang kopi yang sudah disaring ke gelas yang berisi susu kental manis
  7. Cold brew latte siap dinikmati. Anda biuisa merubah takaran susu, dan menambahkan beberapa tambahan seperti coklat, susu full cream dan sebagainya sesuai selera Anda.

Selamat mencoba kopi Cold Brew Latte dari BAM Kopi.

Untuk membeli peralatan kopi bermutu dan pembuatan kopi cold brew lebih professional, bisa didapatkan di https://ottencoffee.co.id/cold-brewers/


Leave a Reply

EnglishIndonesianJapaneseKorean
%d bloggers like this: