RESEP dan KHASIAT BAJIGUR

RESEP dan KHASIAT BAJIGUR

Category : Artikel , Kopi , resep

Bajigur adalah minuman hangat yang sangat cocok di minum pada saat cuaca dingin. Minuman satu ini merupakan salah satu minuman tradisional dari tanah Sunda yang terkenal. Tidak hanya di Jawa Barat, minuman satu ini sangat terkenal di Indonesia, terbukti dengan banyaknya penjual yang menjajakan Bajigur di berbagai daerah atau kota besar yang ada di Indonesia. Resep dan khasiat bajigur

Wedang Bajigur ini berbahan dasar kopi, gula aren dan santan. Dalam proses pembuatannya, kopi di campur bersama garam, gula aren dan santan yang di aduk sampai rata. Kemudian di masak dengan api sedang dan di aduk lagi sampai mendidih. Untuk penyedap rasa biasanya di tambahkan vanili, jahe atau kayu manis. Setelah air campuran tadi mendidih kemudian di masukan irisan kolang kaling, serutan kelapa atau roti sebagai bahan tambahan.

KHASIAT BAJIGUR BAGI TUBUH

Selain itu, bajigur juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Bahkan minuman ini juga dikenal mampu meringankan berbagai penyakit, diantaranya adalah:

Mencegah Hipertensi / Darah Tinggi

Kandungan jahe yang ada di dalam bajigur ini dapat membantu meningkatkan kinerja metabolisme yang ada di dalam tubuh dengan cara membantu proses pelebaran pembuluh darah sekaligis melancarkan peredarannya. Maka dari itu, Jahe ini memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah sekaligus dapat melindungi Anda dari hipertensi (darah tinggi).

Mengobati Rematik

Rematik adalah keadaan sendi yang terganggu oleh sistem kekebalan tubuh Anda sendiri sehingga berakibat adanya peradangan pada sendi dalam jangka waktu yang lama. Umumnya rematik ini akan menyerang sendi-sendi jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan juga kaki. Untuk menyembuhkan rematik, Anda bisa mengkonsumsi bajigur ini secara berkala dan taraf tidak berlebihan. Resep dan khasiat bajigur

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika merasa ada masalah dengan pencernaan Anda, contohnya seperti sembelit, maka bajigur ini sangat cocok dijadikan sebagai obat sembelit secara alami.

Menambah Nafsu Makan

Kandungan tonikum yang ada pada pandan bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan juga akan membantu menjaga kesehatan lambung secara tidak langsung.

Meregenerasi Kulit

Agar supaya kulit sehat, melakukan perawatan kulit secara berkala sangatlah diperlukan. Kandungan antioksidan yang ada pada bajigur ini ternyata bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Mencegah  Jerawat

Supaya terhindar dari jerawat, menjaga kesehatan wajah mutlak untuk dilakukan. Dan ternyata minum bajigur secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan wajah. Hal ini disebabkan di dalam bajigur ini terdapat senyawa yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga bisa mematikan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Memperkuat Tulang

Supaya tulang Anda tetap sehat dan kuat, kalsium sangat dibutuhkan. Dan ternyata di dalam bajugur ini juga terkandung kalisum, sehingga dengan meminum bajigur Anda bisa memenuhi kebutuhan kalisum harian tubuh Anda.

Menjaga Kadar Kolesterol

Kandungan niacin pada gula aren ternyata memiliki kemampuan untuk menstabilkan sekaligus menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi bajigur ini bisa menjaga kadar kolesterol atau bisa juga menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Mencegah Kanker

Bisa dibilang kanker ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak ditakuti. Supaya terhindar dari penyakit kanker, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat harus Anda lakukan. Dan ternyata bajugur ini bisa membantu Anda mencegah kanker payudara dan juga kanker prostat. Selain itu, bajugur juga bisa membantu menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Mencegah Obesitas

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, jangan khawatir jika ingin mengkonsumsi bajigur. Malah sebaliknya, bajigur ini akan membantu memperlancar proses diet Anda. Sebab bajigur ini salah satu minuman sehat yang dapat mencegah obesitas.

Selain minuman penghangat tubuh, ternyata bajigur juga menyimpan sejuta khasiat terutama untuk kesehatan. Maka dari itu, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk rutin minum bajigur setiap harinya.

RESEP BAJIGUR

Bahan- bahan pembuatan bajigur tidaklah sulit, semua tersedia disekitar kita. Terutama di pasar-pasar tradisional semua bahan masih tersedia.

Adapun Bahan – bahannya yaitu:

  • Air bersih 500 ml
  • Santan kental 500 ml
  • Gula jawa 2 butir (sisir halus)
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Kopi hitam bubuk 2 sendok makan
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam secukupnya


Itulah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat wedang hangat bajigur. Setelah itu, Anda dapat membuat wedang bajigur dengan resep membuat wedang bajigur nikmat dan hangat sebagai berikut:

  • Rebus santan

Campur santan kental dengan air, rebus kedua bahan ini menggunakan api yang kecil. Jangan lupa untuk sambil terus mengaduk agar santan tidak pecah.

  • Masukkan bahan lain

Masukkan juga gula jawa, gula pasir dan kopi hitam bubuk. Aduk secara perlahan dan tambahkan daun pandan dan sedikit garam.

  • Tunggu mendidih

Aduk terus wedang bajigur yang sedang Anda masak tersebut dan tunggu sampai mendidih.

  • Hidangkan

Setelah mendidih, saring wedang bajigur dan tuang pada gelas. Wedang bajigur siap disajikan dan dinikmati.

Wedang bajigur merupakan minuman spesial yang sangat cocok diminum di malam hari. Terutama pada musim penghujan, wedang bajigur sangat diminati. Minuman ini memiliki rasa hangat dengan aroma kopi yang khas dan wangi daun pandan.

Selain rasanya yang enak, aroma wedang ini sangat khas sehingga mampu menyegarkan. Berkumpul bersama keluarga juga akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan wedang bajigur.

Cobalah untuk membuat wedang bajigur dengan mengikuti resep membuat wedang bajigur nikmat dan hangat. Resep dan khasiat bajigur

Selamat menikmati…

bam

Sumber resep : Facebook


Leave a Reply

EnglishIndonesianJapaneseKorean
%d bloggers like this: