Kopi di Jawa

Kopi Jawa

Kopi di Jawa

Category : Kopi , Sejarah

Kejayaan Kopi di Jawa berawal dari penerapan tanam paksa (cultuur stelsel) masa Gubernur Jenderal Johannes van Den Bosch berkuasa (1830-1840). Peter Boomgard dalam buku Anak Jajahan Belanda Sejarah Sosial dan Ekonomi Jawa 1795-1880 mencatat, tanam paksa mewajibkan petani mengalokasikan seperlima lahan untuk tanaman bagi pasar Eropa, yakni kopi, tebu, nila, teh, dan tembakau.

Alfred Russel Wallace, sang naturalis terkenal yang namanya diabadikan sebagai garis pemisah keragaman fauna di sebelah barat dan timur Nusantara, bahkan mengklaim Jawa sebagai The finest tropical island in the world atau pulau tropis terbaik di dunia.

Wallace berkelana selama tiga setengah bulan di Jawa tahun 1861. Pulau tersubur, terpadat, dan terindah di seluruh tropis. Begitu banyak gunung berapi memberkahi Jawa dengan tanah yang subur, kenang Wallace.

Dalam Java a Travellers Anthology disebutkan, Wallace mengunjungi kebun kopi di Wonosalem di kaki Gunung Arjuna tidak jauh dari Surabaya. Wallace mengumpulkan spesimen burung merak di Wonosalem.

Dalam jurnal yang diterbitkan tahun 1869 itu Wallace juga memuji-muji sistem pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang tetap mempertahankan keberadaan elite lokal di tingkat desa, para bupati, budidaya perkebunan kopi dan teh, keindahan alam.

Dalam prosesnya, demi mendapatkan citarasa yang sangat unik dan nikmat, pengolahan kopi secara tradisional mempunyai beberapa tahapan dan syarat yang tergolong rumit. Seperti biji kopi harus disimpan lima tahun untuk jenis Robusta dan delapan tahun bagi kopi Arabica untuk selanjutnya diproses demi mendapatkan rasa terbaik. Dari 100 kilogram biji kopi (berry) kering akan didapat sekitar 80 kilogram bubuk kopi yang bebas dari rasa masam. Memasak biji kopi jawa pun seharusnya menggunakan kayu bakar dari pohon karet dan disangrai di dalam sebuah wadah berbentuk globe.

“Sayang banyak pengusaha kopi jawa yang sekarang tidak mematuhi kaidah tersebut dan mengejar omzet belaka tanpa mempedulikan mutu”


(disarikan dari berbagai sumber)

https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_jawa


Leave a Reply

EnglishIndonesianJapaneseKorean
%d bloggers like this: